Skip to main content

2020 TAHUN SABAR

 Sudah setahun ternyata blog ini tidak saya isi entah saking malas nya nulis atau emang gak ada referensi bacaan lagi selama 1 tahun ini. Menyesal sebenarnya, padhal dimasa pandemi 2020 ini seharusnya blog ini bisa saya isi dengan beragam tulisan, tapi ternyata saya malah kebanyakan maenan. Hemz, benar kata pepatah penyesalan selalu datang diakhir klo diawal namanya pendaftaran. Tulisan yang akan saya tulis ini pun hanya kata-kata yang akan saya baca kembali ditahun selanjutnya, semoga tidak ada orang lain yang membacanya. 

Tahun 2020, adalah salah satu tahun penuh harapan bagi saya. Dari penantian kelulusan kuliah alias Wisuda yang diselenggarakan pada tahun 2020 bulan aret yang seharusnya. Namun, Allah punya rencana lain seminggu mau wisuda saat saya masih dalam perjalanan ke Jakarta dalam rangka kunjungan ke Perpusnas dan 1001 Buku tiba-tiba layar whatsapp saya menyala dan ada beberapa pesan pribadi juga grup dari kawan-kawan angkatan yang menyampaiakan bahwa wisuda di undur sampai waktu yang tak bisa ditentukan, bahkan wisuda yang akan berlangsung nantinya hanya sekedar wisuda via zoom. Wah, rasanya pengen sekali saya menangis saat itu, tapi gak bisa karena saya sudah mensetting diri saya menjadi manusia yang ceria dan selalu membantu orang lain jadi mana mungkin saya menangis dihadapan orang-orang banyak dalam minibus saat itu haaa


Sudah lah biarkan wisuda daring jadi urusan nanti yang paling penting saat itu saya bisa mengunjungi Perpusnas dulu. Sesampainya di Perpusnas saya merasa selama ini hidup saya terlalu jauh dari modernisasi, Perpusnas Indonesia yang terletak di jakarta Timur tersebut ternyata adalah Perpustakaan tertinggi di Dunia. Ingat di Dunia, dengan 24 lantainya bahkan Monas pun nampak lebih kecil dilihat dari lantai 24 Perpusnas saat itu, mungkin jika Perpusnas dan Monas berdampingan ide jail untuk membawa mas dari pucuk Monas akan terealisasi ahahaa


Selesai dari melakukan kunjungan ke Perpusnas dilanjut dengan kunjungan ke 1001 Buku dengan membawa buku ber dus-dus dari kawan-kawan 1001 Buku untuk kawan-kawan Forum relawan literasi Tanggamus. Oh ya, ada hal yang luar biasa didapat di tahun 2020 yaitu peresmian kabupaten Tanggamus menjadi kabupaten literasi pada tanggal 20 Januari 2020 hal ini gak jauh dari hasil kunjungan kawan-kawan FRLT pada 31 Desember 2019 lalu si tapi hemz seperti biasa FRLT masih jadi anak bungsu di kabupaten sendiri haa dia yang mengusulkan tapi saat peresmian dia malah kek anak bangsu banget yang nonjol malah elit pemerintah dan yah ntah lah memang udah seperti itu kali puterannya. 


Selama 2020 saya gak ada rencana kemana-mana selain dari pulang kampung dan kerja juga gak jauh-jauh dari rumah sekalian ngurusin Ibnu Sina itu plan A. Tapi, ternyata mencari loker di Kotaagung lumayan susah jika tidak ada orang yang didalam bahasa nya wkwkwk walau saya memiliki status sebagai Sekum nya IMAMTA yang bisa minta kursi di Pemda kata orang-orang saya gak mau make jatah itu, juga punya saudara yang bisa mwmasukkan saya di Pemda atau kerja lainnya saya rasa itu bukan saya maklum lah sifat idealis nya masih kebawa suasana mahasiswi ahaha


Ada tiga sekolah yang saya masuki lamaran saat itu disekitara Kotaagung, 2 ada test nya satu cuma nyerahin berkas lamaran. Sekolah yang satu yang udah saya yakini bisa saya masuki karena itu sekolah alumni saya ternyata setelah test gak lolos ahaa nyantai aja saya mah, dikalahkan oleh orang yang maen dalam saya yakin klo saya kedepan akan dapat tempat yang lebih baik. Sekolah yang ke dua, saya juga gak lolos mungkin, karena sampai saya sudah mengajar 4 bulan di Al Firdaus pun saya masih selalu di wa untuk join lagi bersama mereka ahaaa (tragis) dan sekolah yang ketiga gak ada kabar sama sekali, tau-tau dapat kabar bukan dari sekolah tapi dari orang lain yang bilang klo posisi di sekolah ketiga udah diisi. Ya sudah, dari sana saya benar-benar jadi kaum rebahan hampir 5 bulanan lah kerjaan cuma mantengin sawi ama singkong belakang rumah dan keliling maen bareng kawan-kawan literasi tapi tetap optimis dan percaya klo didepan akan ada tempat yang tepat.  


YAH BENERAN .....

saya dapat tawaran mengajar tapi diluar Tanggamus, awalnya waktu beliau chat bulan Juli hanya saya anggap candaan. Tapi di tanggal 9 Agustus beliau chat lagi, disana saya meyakinkan diri sendiri dulu, baru saya minta izin dan restu pada bapak kebetulan saat itu emak masih keluar rumah. Dengan harap-harap cemas saya minta izin ke bapak seperti ini

eka : Pak, saya dapat tawaran ngajar, tapi bukan disini tempatnya di Kemiling, sekolah nya masih baru buka tahun ini Pak ada pondoknya juga Pak

bapak : Alhamdulillah, gak apa" ambil aja. Semoga ini jalan dari Allah supaya kamu bisa belajar agama lagi 

eka : tapi ini masih baru Pak, gajinya juga gak seberapa mungkin

bapak : yang penting kamu ada kegiatan, dan ilmu mu bisa disalurkan, bapak tau kamu pasti selama ini gabut banget kan dirumah? jadi apa salahnya untuk diambil, jangan pikirkan gaji yang penting kamu bisa bermanfaat untuk orang lain, udah itu aja.


dari obrolan ringan itupun akhirnya saya beranikan diri untuk memasukkan berkas lamaran dan mengikuti serangkian test baik wawancara juga microteaching. Alhamdulillah sampai saat ini keadaan saya di Al Firdaus baik-baik saja bahkan lebih baik mungkin dari orang-orang yang duduk di 3 sekolah tempat saya daftar dulu ahaaa



Di 2020 ini, saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada emak bapak, juga adek-adekku yang selalu support dan doa untuk kebaikan ku, terimakasih Pak sudah menjadi kepala keluarga yang kuat, hebat bahkan sabar nya gak ketulungan. Terimakasih mak, meski eka selalu selisish paham dan jarang mau dengerin curhatan emak, percaya sama eka mak di setiap sujud eka selalu ada doa untuk emak, emak super hero yang luarbiasa benar-benar bidadari tak bersayap yang Allah kirim untuk eka yang lemah ini, sehat selalu mak. Terimakasih untuk adek saya Dwi Wahyu Andriansyh atau yang paling sering dipanggil Rian, entah apa yang bisa saya lakukan untuk menebus semua kebaiakn mu, atas penjagaan mu yang selalu setia mengantar jemput saya dari Kotaagung ke Balam atau sebaliknya. Semoga cita-cita mu dan harapan mu tercapai, menjadi laki-laki yang kuat, kokoh, sabar, penyayang dan yang pasti sholih walau diliat dari usia saya yang kakak, tapi tetap kamu adalah abang buat kami sekeluarga. dan untuk adik bungsu ku Tri Syafira Neila Putri yang cantik sekali ahaa teman gelut, teman rebutan, teman segala-galanya terimakasih banyak dek, sudah tumbuh dengan kuat, hebat, bahkan mandiri kakak percaya kelak kau akan jadi orang hebat, sukses dan sabar juga penyayang. 



Meski diakhir 2020 ini kita merasakan trauma karena kekalahan semoga Allah Swt. membalas berkali lipat kemenangan yang terhampar didepan. semangatsssss


salam sayang emak, bapak dan adek-adek dari kakak yang pecundang karena tidak berani pulang bahkan masih sering menangis jika ingat kejadian 17 Desember kemarin. Maaf mak, pak adek-adek saya tidak ada disamping kalian disaat kalian lemah, karena pada kenyataan nya saya sendiri sedang berusaha bangkit dan kuat dari kejadian kemarin. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah Swt. di naikkan derjat nya ditahun selanjutnya sampai tak terhingga, dimasukkan kedalam golongan yang mencintai Rabb Nya juga ciptaan Nya. 



2020 terimakasih.

2021 semoga kebahagian, kedamaian dan kesejahteraan selalu menghampiri 

Comments

Popular posts from this blog

Dunia Lain

Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum. Wr. Wb Hay hay hay semuanya, apa kabar 😃 Semoga baik-baiksss saja ya heee 😇 Oh ya kali ini, dedek mau nulis lagi ni keknya dah lama ini jari-jari gak nulis buat ngisi blog ecek-ecek ini   wkwkwkwk 😝 Tapi,klo seandainya nanti tulisan dedek ini ada salahnya mohon beri   kritik dan sarannya ya, jangan tinggalkan daku dalam kubang kesalahan terus menerus wkwkwk 😓   tapi klo mau ninggalin calon imam buat dedek mah gak apa-apa gk muluk-muluk kok tipenya heee dikira TV, yang pasti mah 5 waktu gak pernah tinggal terus gak malesan dah itu aja dulu wkwkwk, eh kok ya malah curcol maafkeun dedek ya Netizennn   heeeee 😂😄 “Ruang-Waktu Ekstra Isra’ Mi’raj” Dulu, disaat malam 27 Rajab tahun   dukacita ( amul hazn) tepatnya 622 Masehi ada Nabi yang melakukan suatu perjalan dimalam hari,yang ditemani langsung oleh malaikat Jibril. Perjalanan Nabi ini sungguh diluar akal nalar manusia dan merupakan suatu perjalanan yang sangat unik

REFLEKSI PEMUDA HITS ZAMAN NOW

"REFLEKSI PEMUDA HITS ZAMAN NOW" Belakangan ini bangsa Indonesia mengalami krisis Akhlak dan Aqidah . Banyak diantara kita sudah tidak lagi mengingat tujuan utama kenapa AllAh Swt. Menciptakan kita di muka bumi ini . Menjadikan Cafe, Bar, narkoba, sabu dan kawannya sebagai obat pelebur kebahagiaan, HP sebagai Tuhan, daan pacaran sebagai hal yang wajar. Ketika hati telah jauh dari Iman maka kehancuran bangsa akan segera ditimpakan oleh Allah Swt. Ada seorang ulama yang mengatakan bahwa tampilnya kebaikan umat tergantung pada akhlak pemudanya. Pemuda adalah subjek yang memegang peranan   penting didalam keberlangsungan hidup masyarakat .  Pemuda dan Mahasiswa Tanggamus Sebagian pemuda saat ini sukanya hanya pesta pora, hedonisme, individualis, dan menjadikaan tempat diskusi hanya sebagai ajang unjuk gigi, bersama namun sibuk dengan Tuhannya sendiri. Inilah wajah pemuda zaman now. Tidak lagi punya etika, tata krama, dan sopan santun dan hingga tak disadarinya b

Bandar Negeri Semuong simpan benda abad XVI

  REVITALISASI MUSEUM  KEKHATUAN   SEMAKA (Diajukan untuk Mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Inovasi Teknologi Tepat Guna Kabupaten Tanggamus) Oleh : Eka Wahyu Safitri 1511090039 JURUSAN : PENDIDIKAN FISIKA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG 1440 H/201 9 M Abstrak             Museum Sanggi Unggak Keratuan Semaka terletak di Pekon Sanggi Unggak. Pekon Sanggi Unggak di Kecamatan Bandar Negeri Semuong, Kabupaten Tanggamus. melakukan pengumpulan bahan-bahan wawancara, kemudian melakukan wawancara serta dokumentasi-dokumentasi baik berupa gambar maupun video yang berkaitan dengan Museum Kekhatuan Semaka, setelah itu melakukan pembuatan film pendek atau vlog dan tidak lupa membuat akun-akun media sosial, setelah semuanya selesai yang terakhir adalah dengan membagikan link-link dari media sosial tentang Museum Kekhatuan Semaka agar diketahui oleh khalayak ramai terutama masyarakat Tanggamus Taya